DESA KRESEK, SEBUAH WISATA SEJARAH KELAM KOMUNISME


         Desa Kresek adalah desa yang berada di Kabupaten Madiun. Desa ini menjadi salah satu bukti sejarah kelam masa pemberontakan PKI di Indonesia. Desa ini terletak di sebelah selatan Kabupaten Madiun.
Desa Kresek mungkin bisa menjadi sebuah alternatif wisata sejarah bagi keluarga khususnya para pelajar karena ini merupakan wisata belajar sejarah outdoor yang cukup menyenangkan. Menyenangkan karena ada situs sejarah ( Monumen Korban Keganasan PKI Tahun 1948 di Madiun ) yang lokasi yang cukup sejuk dan tenang. 
Kawasan menumen cukup luas dimana ditengah-tengah kawasan monumen dibangun patung peristiwa yang cukup besar. Disudut pintu masuk juga dibangun prasasti nama para tokoh dan jabatannya yang meninggal karena kekejaman PKI pada saat itu. Di belakang patung terdapat relief yang menggambarkan dan menceritakan peristiwa sejarah kelam yang terjadi dimasa itu. Patung pada monument menggambarkan upaya pemenggalan salah seorang tokoh masyarakat di desa tersebut oleh PKI.
Untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit namun bagi teman-teman yang tidak ada kendaraan akan cukup membingungkan karena tidak terdapat transportasi umum yang mengantar teman-teman ke tempat wisata tersebut.
 Sebuah sejarah memang mengandung kontroversi tergantung bagaimana cara menceritakan dan bagian aspek mana yang dilihat dari sejarah tersebut. Namun sejarah adalah sesuatu yang harus dipelajari dan diambil sisi positif sebagai dasar untuk menyongsong masa depan.
Yuk berwisata sejarah…. J
Patung monumen


Prasasti korban meninggal

Relief peristiwa pembantaian

Catatan peresmian monumen

Keasrian pemandangan di monumen


Komentar

  1. Sungguh luar biasa,,,dan ini masuk acara MR. TUKUL JALAN-JALAN tanggal 5 Mei 2013. Alias saat ini gue nulis baru habis acaranya.
    Kita harus waspada terhadap bahaya laten komunis ! Bahaya laten = bahaya yang bisa timbul sewaktu-waktu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan comment disini.....

Postingan populer dari blog ini

BENTENG SOMBA OPU, SITUS SEJARAH YANG DIABAIKAN

Yuk Menghitung Pajak Jaminan Hari Tua (JHT)

NASI BORANAN : KULINER KHAS KOTA LAMONGAN