WISATA KE TANA TORAJA




Desember merupakan bulan yang dicanangkan pemerintah Sulawesi untuk menarik wisatawan dengan diadakannya beberapa event, tema yang diusung adalah “Lovely December”. Tema ini diangkat berkaitan erat dengan ritual adat dari salah satu wilayah yang menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung, wilayah terbesut tak lain adalah Tana Toraja.

Pada bulan Desember biasanya di Toraja ada upacara adat dalam rangka upacara pemakaman jenazah penduduk Toraja yang telah meninggal, ritual ini biasanya dilakukan berdekatan dengan Hari Raya Natal. Ritual ini cukup megah dikarenakan dana yang dikeluarkan cukup besar dan juga suasana magis yang kental serta masih mengangkat tradisi dalam tata cara pemakaman jenazah yang beda dari tempat lain.

Sistem pemakaman jenazah di Tana Toraja ini cukup unik dikarenakan jenazah dimakamkan dalam batu yang dilobangi sebagai tempat menaruh jenazah sedangkan pihak keluarga yang ditinggalkan juga membuat patung yang seperti rupa dari orang yang meninggal tersebut.

Tak hanya ritual pemakaman saja yang bisa dinikmati di kota ini, geografis yang berada didataran tinggi membuat suasana yang nyaman untuk berlibur, beberapa tempat yang patut dikunjungi antara lain adalah : Lemo, Londa , Kete Kesu, dan Batu Tumonga

Lemo merupakan tempat pemakaman yang berada disekitar pesawahan yang asri, namun tempat ini hanya bisa dilihat dari luar saja karena jenazah dimakamkan diatas baru yang berada tebing yang tinggi.

Londa merupan salah satu situs pemakam yang memadukan antara goa dan situs pemakaman, keunikan tempat ini adalah kita bisa menelusuri goa untuk melihat situs pemakaman yang ada didalamnya, kondisi yang gelap dalam goa bisa diatasi dengan adanya penyewaan lampu gas yang bisa dijumpai didepan goa. Tarif sewa biasanya 25rb-50rb tergantung nego.
Kete Kesu merupakan perpaduan rumah adat Toraja dengan situs pemakaman yang bisa dilihat sampai arena pemakaman, tengkorak yang bergeletakan dimana-mana bisa ditemui dengan mudah disitus ini.

Batu Tumonga merupakan tempat yang sangat nyaman untuk menikmati secangkir kopi dan kudapan hangat, tempat yang berada diatas bikit dengan suguhan pemandangan kota Toraja. Tak kalah dengan situs lainnya, ditempat ini kita juga bisa menemui situs pemakaman yang g kalah unik dimana ada sebongkah batu yang sangat besar yang diukir untuk dijadikan kuburan para penduduk Toraja dan kita bisa menemuhi bebatua yang berada disawah juga disulap jadi tempat layak jadi kuburan.

Jarak tempuh untuk mencapai kota Toraja dari Bandara Hasanuddin sekitar 6-7 jam perjalanan darat, akses ke Toraja menggunakan jalur darat dengan menggunakan transportasi bus yang tiketnya dapat diperoleh didepan  Makassar Town Squer atau yang biasa dikenal oleh penduduk Makassar “M-Tos”. Tiket bus ke Toraja beragam mulai dari harga Rp 180.000,- sampai Rp 250.000,-.

Mau menikmati suasana toraja yang eksostis, segera datang dan kunjungi kota Toraja.... Lovely Toraja!!!!

                             GAMBAR TEMPAT WISATA TANA TORAJA

LEMO




pemandangan suasana Lemo

tebing yang dijadikan kuburan



LONDA

Kebo Bule (Tedong Bonga), kerbau ini semakin sedikit warna hitamnya maka semakin mahal harganya, kerbau ini seharga Rp 250.000.000,-

salah satu tengkotak yang ada dalam goa

toko souvenir

Keranda mayat yang ada dalam goa
Kete Kesu


rumah adat

kumpulan kerangka manusia

keranda mayat yang berisi tulang belulang


BATU TUMONGA


panorama dari Batu Tumonga

Pemakaman di Batu Tumonga


Panorama Batu Tumonga

Minum Kopi di Batu Tumonga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTENG SOMBA OPU, SITUS SEJARAH YANG DIABAIKAN

TELUR PENYU, KULINER LEGAL ATAU ILLEGAL???

NASI BORANAN : KULINER KHAS KOTA LAMONGAN